Program Pertanian Organik

Program Pertanian Organik Stube-HEMAT Yogyakarta dilaksanakan dalam beberapa tahapan:

1. Eksposur ke Paguyuban Petani Merbabu, Magelang.
2. Pelatihan pertanian organik.
3. Praktek pembuatan pupuk organik bokasi dari kotoran sapi dan pupuk hijau, perangsang buah, Em4 buatan, dan pestisida organik bersama jemaat gereja GKJ Jhodog. Diikuti pemantauan dan evaluasi hasil praktek pembuatan pupuk organik bokasi dari kotoran sapi dan pupuk hijau, perangsang buah, Em4 buatan, dan pestisida organik.
4. Kunjungan mahasiswa dan petani organik Jodhog di lokasi pembuatan pupuk kascing, Kaliurang dan kunjungan ke rumah petani organik di Desa Bejen, Sleman.

Peserta memberikan apresiasi dan tanggapan yang sangat baik akan pentingnya program yang diselenggarakan oleh Stube-HEMAT karena memberikan pencerahan tentang: 1) hal-hal baru dalam dunia pertanian yang belum diketahui sebelumnya, 2) memberikan pengetahuan tentang analisa sosial dunia pertanian dan mengapa petani semakin terpuruk dan lahan pertanian semakin rusak, 3) menambah pengalaman dengan belajar membuat pupuk organik kascing, pupuk organik padat (bokasi dari kotoran sapi dan dedaunan), organik cair (perangsang buah, Em4 buatan), pestisida organik dari tembakau dan bumbu-bumbuan.